Senin, 18 Juni 2012

Kelompok Teater, Lahir di Lahan Yang Tandus Dan Gersang

Oleh : Satria

Photo Proses Latihan( Kelompok Teater)
Proses Teater merupakan sebuah proses organisasi (bentuk kerja kolektif; dimana segala macam orang dengan segala macam fungsinya tergabung dalam suatu koordinasi yang rapih,dan juga mencakup juga pengertian sampai batas-batas yang sentimentil), seperti hal nya diri manusia itu sendiri, atau layaknya seperti sebuah negara. Keberhasilan suatu pertunjukan Teater dapat juga sebagai keberhasilan suatu seni organisasi, baik organisasi penyelenggaraannya (Panitia Produksi) maupun segi seni-seninya (Penyutradaraan, Penataan set, Permainan, Musik dan unsur-unsur lain).

Zaman berubah dan perubahan nya itu sekaligus membawa kebaikan dan keburukan. Kebaikan sebagai isi kemajuan harus dilestarikan dan di jadikan modal untuk perkembangan selanjut nya, sementara ke burukan perlu di waspadai dan di hindarkan. Teater Indonesia berumur hampir setengah abad. Telah panjang perjalanan yang di tempuhnya, telah banyak daerah yang di rambah nya. Daerah yang kering-kerontang  tandus perlahan di garap dan telah berubah menjadi ladang berumput hijau. Belantara gulita telah terbuka, secarah bertahap dan alamiah mulai menjadi daerah garapan.


Kelompok Teater terbentuk pada 17 Juni 2012 di Palembang. Berawal dari tugas mata kuliah Seni Peran,Penulisan Naskah, Penyutradaraan dan Tata Teknik Pentas di Universitas PGRI Palembang Program bidang study Seni,Drama, Tari dan Musik Jurusan Kesenian. Kelompok Teater didirikan oleh F. Satria atas kesepakatan dan usulan kawan-kawan bersama di luar kampus yang bersifat independent.

Sebagai sebuah bentuk praktek lapangan ketika beradah di tengah Masyarakat Umum dan mencoba menempatkan diri serta beradaptasi menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sosial budaya, kebiasaan serta kondisi Masyarakat setempat. Kelompok Teater terbentuk adalah sebagai bentuk ruang sebuah wadah pembelajaran bersama yang bergerak di bidang Seni Pertunjukan, Jelas F.  Satria, Pimpro Kelompok Teater saat di temui MEDITASI (Senin 18-06-2012) di Universitas PGRI Palembang.

Konsep kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Teater ini dikhususkan pada pementasan drama, tari, musik, rupa dan sastra. Tujuan pokok seni pertunjukan ini adalah menciptakan kehidupan batin manusia serta mengungkapkan nya dalam bentuk yang artistik. 

Di tambah kan nya “, adapun bentuk dari Kelompok Teater ini harapan nya adalah agar kedepan nya dapat menjadi sebuah media pembelajaran berharga bagi para Mahasiswa khusus nya seni pertunjukan yang dapat di pertontonkan dan di nikmati serta dapat di apresiasi oleh orang banyak (umum). Mencoba menyalurkan kreatifitas Mahasiswa serta menumbuhkan kepekaan dan ke kompakan diantara Mahasiswa untuk menjalin hubungan antar Mahasiswa, “di paparkan nya”.





0 comments:

Posting Komentar