Selasa, 17 Juli 2012

Pembukaan Workshop Film Dokumenter (DKSS) “ Menggagas Kekuatan Lokal”


Oleh : Firman Satria
Pembukaan Workshop Film Dokumenter yang di adakan oleh Dewan Kesenian Sumatera Selatan di buka pada hari ini Senin 16 Juli 2012 Pukul !6.00 Wib, Jl. Kol.H. Burlian Km 10 Asrama haji Palembang.   oleh ketua Dewan Kesenian Sumsel  bapak Dr. Zulkhair Ali.

Kegiatan workshop film Dokementer ini mengusung tema “Menggagas Kekeuatan Lokal”  yang di nara sumberi oleh Viddy Anuf Daery,  dilaksanakan selama 3 hari dari anggal 16 sampai tanggal 18 Juli 2012. Worksop ini di hadiri oleh 15 perwakilan dari kabupaten kota yang ada di Sumatera Selatan dan di hadiri juga oleh peserta undangan lainnya.  

Tiap peserta baik dari perwakilan tiap kabupaten kota  maupun para peserta tamu undangan lainnya di persiapkan oleh panitia untuk menginap di asrama haji mengisi kamar kosong yang telah di persiapkan oleh pantia penyelenggara
Acarah ini di awali laporan panitia pelaksanaa oleh Muhaimin,  mengatakan bahwa worksop film ini merupakan dalam rangkaian program dewan kesenian sumsel, yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi para creator film di 15 kabupaten/kota yang ada di Sumsel dan juga bertujuan sebagai media silatuhrahmi dan pemetaan  khususnya para  pekerja seni per film an  khusus nya yang ada di Sumatera bagian Selatan .

Acarah ini di lanjutkan dengan pembukaan serta kata sambutan dari bapak Dr. Zulkhair selaku ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan saat ini, yang mengatakan dalam kata sambutannya, beliau  sangat bersyukur karena keinginan kita semua untuk mengadakan workshop film ini dapat tercapai dan terlaksana dengan baik, dan untuk acarah ini kita sudah pikirkan dari beberapa waktu yang lalu tentu nya, di tambahkan nya “alasan terselenggaranya  workshop sekarang ini puncaknya itu adalah  sewaktu anugerah seni tahun lalu”  karena pada waktu itu kita tidak memiliki pemenang anugerah seni khususnya untuk katagori film, itu merupakan tamparan bagi kita semua khusus nya dewan kesenian Sumatera bagian Selatan tentunya bahwa ternyata kegiatan per filman di daerah kita ini sedang keritis atau  mungkin hampir tidak ada.

Kita berharap dengan adanya workshop film pada tahun ini agar supaya dapat lahir dan muncul ke atas permukaan suatu karya film yang di ciptakan oleh seniman Sumatera Selatan, dan kami juga berharap kepada semua peserta dan para tamu undangan mudah-mudahan kegiatan workshop film dalam waktu yang sangat singkat ini dapat bermanfaat.

Adapun rangkaian acarah dalam kegiaan workshop film ini yang akan di selenggarakan dari anggal 16 sampai 18 Juli 2012 adalah 1. Manajemen Film : Penentuan bidang ;pelaku, penulis, penyutradaraan, cameramen, edior, produksi, tata lampu, aristik, pemutaran film workshop, dll. Oleh Viddy Anuf Daery. 2. Pra Produksi, persiapan (diskusi, hunting, latihan), dan shoting  Oleh Viddy Anuf Daery, dan editing, trimming, mixing Oleh Saudi Burlian, dan acarah terakhir sambutan ketua DKSS (Dewan Kesenian Sumatera Selatan) sekaligus penutupan acarah pada Selasa malam 17 Juli 2012 dan Rabu Pagi tanggal 18 Juli 2012 para peserta workshop dan panitia checkout.

0 comments:

Posting Komentar